Beberapa Cara Sederhana Anak Kos Melestarikan Bumi

Dari tahun ke tahun atau bahkan dari hari ke hari, kita sudah semakin merasakan bumi yang semakin panas. Belum lagi polusi udara dan sampah yang juga semakin meningkat keberadaannya. Tidak heran semakin gencarnya para aktivis untuk mengajak masyarakat dunia untuk mengurangi pemanasan global atau global warming dengan berbagai kegiatan melestarikan bumi.

Sebagai anak kos, Anda dapat berpartisipasi dalam gerakan pelestarian bumi. Tidak perlu melakukan gerakan pelestarian bumi yang terlalu besar, cukup dilakukan di kegiatan sehari-hari saja, Anda sudah ikut mengurangi pemanasan global. Berikut beberapa cara yang simple Anda lakukan sebagai anak kos demi pelestarian bumi kita.

Tidak Membuang-buang Air
Air merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Setiap harinya tentu Anda menggunakan air untuk mencuci apa pun itu, mandi, memasak, dan masih banyak lagi lainnya. Namun, tidak semua daerah atau negara yang mendapatkan air yang cukup, karena keterbatasan air. Berbeda jika Anda tinggal di kota, tentunya lebih mudah dalam mencari air untuk berbagai kebutuhan Anda.

Maka dari itulah, cara pertama untuk melestarikan bumi yaitu dengan tidak membuang-buang air. Dengan cara sederhana ini, selain membantu daerah-daerah yang berkekurangan air, Anda sudah ikut mengurangi pemanasan global. Ada baiknya Anda memakai air secukupnya saja. Kalau sudah tidak menggunakannya lagi, segera matikan.

Matikan Lampu yang Tidak Terpakai
Hal sederhana yang terkadang luput sebagai anak kos yaitu lupa mematikan lampu yang tidak terpakai. Tidak sedikit anak kos yang meninggalkan kosnya dengan keadaan lampu menyala. Padahal kebiasaan yang satu ini bisa mempengaruhi keadaan bumi kita, salah satunya adalah pemanasan global.

Anda yang tidak lagi menggunakannya, ada baiknya mematikan lampunya, apalagi Anda yang meninggalkan kos dalam waktu yang lama. Kalau pun Anda ingin tidur tapi tidak bisa dalam keadaan gelap, sebaiknya gunakan lampu yang lebih rendah watt-nya atau menggunakan lampu tidur.

Gunakan Transportasi Umum
Di kota-kota besar, kendaraan pribadi sudah terlalu banyak, sehingga polusi juga semakin meningkat saja setiap harinya. Anda yang masih anak kos, dapat melestarikan bumi dengan memakai transportasi umum setiap harinya. Cara sederhana ini selain mengurangi polusi, Anda juga dapat menghemat ongkos perjalanan Anda.

Sebenarnya tidak hanya menghemat ongkos dan mengurangi polusi saja, tapi juga Anda dapat menghindari kemacetan saat menyetir sendiri. Tapi kalau Anda pergi bersama dengan teman, Anda pun juga bisa nebeng teman Anda, daripada Anda menyetir sendiri. Hemat ongkos juga, bukan?

Kurangi Plastik
Menumpuknya plastik menjadi masalah yang sudah semakin kritis saja saat ini. Sekarang sudah tidak jarang lagi kita melihat hewan-hewan laut yang ditemukan mati dengan perutnya atau mulutnya yang dipenuhi dengan plastik. Untuk mencegah hal tersebut semakin parah lagi, ada baiknya Anda mulai mengurangi plastik dan gantilah dengan tas belanja yang bisa dipakai berkali-kali.

Tidak hanya tas belanja sendiri saja yang dapat Anda bawa sendiri, botol minum pun juga perlu Anda bawa sendiri karena kemasan botol juga bisa membahayakan lingkungan hidup.

Dari langkah sederhana dalam melestarikan bumi tersebut, Anda sudah ikut berpartisipasi dalam mengurangi pemanasan global. Jadikan cara-cara di atas sebagai gaya hidup Anda dan ajaklah teman-teman Anda ikut melakukannya. Jangan tunda gaya hidup tersebut, lakukan sekarang demi bumi kita.