Beberapa Kebiasaan Sepele yang Membuat Tagihan Listrik Membengkak

Listrik merupakan kebutuhan yang sangat penting untuk keperluan sehari-hari kita. Tanpa adanya listrik, kita tidak dapat mengisi baterai gadget, menyalakan lampu, menyalakan AC, dan masih banyak lagi lainnya. Namun, kalau dinyalakan terlalu berlebihan, justru akan membuat tagihan listrik membengkak dan uang bulanan Anda akan lebih berkurang.

Penyebab biaya listrik yang semakin membengkak sebenarnya mudah saja diketahui, bahkan sebagian besarnya dari kebiasaan-kebiasaan sepele. Tanpa Anda sadari, beberapa kebiasaan inilah yang membuat biaya listrik semakin mahal.

Tidak Mencabut Colokan
Salah satu penyebab tahihan listrik membengkak adalah tidak mencabut colokan yang tidak terpakai. Kebiasaan ini adalah hal yang paling sering dilakukan, apalagi Anda yang baru saja selesai mengisi bateri ponsel atau gadget lainnya.

Membiarkan colokannya tetap terpasang pada stop kontak akan membuat daya listrik tetap tersedot meskipun Anda tidak memakainya. Walaupun daya sedotnya tidak besar, tapi jika Anda membiarkannya terus menerus setiap hari justru akan semakin bengkak biaya listrik Anda.

Memakai Lampu Non LED
Pemilihan jenis lampu untuk di rumah menjadi pertimbangan yang harus Anda perhatikan dengan baik. Salah memilih jenis lampu, akan membuat tagihan listrik Anda akan mudah membengkak. Penggunaan lampu yang non LED justru membudahkan biaya listrik akan cepat naik karena daya yang dibutuhkan sangat tinggi.

Berbeda Anda yang memakai lampu pijar LED yang daya pemakaiannya hanya sedikit, bahkan Anda dapat menghematnya sebanyak 80%. Selain itu, Anda juga perlu mengetahui penggunaan watt yang salah juga mempengaruhi biaya listriknya. Gunakan 9 atau 10 watt jika ruangan Anda 3×3 m. Intinya Anda menghitung per watt setiap permeter persegi saja.

Menggunakan Setrika di Suhu Paling Tinggi
Kesalahan yang sangat umum dilakukan yang mengakibatkan tagihan listrik membengkak adalah menggunakan setrika di suhu yang sangat tinggi. Tanpa kita sadari, kita memakai setrika dengan memasangnya di suhi paling tinggi agar bisa cepat panas dan cepat selesai menyetrikanya. Padahal, kebiasaan sepele ini bisa menyedot daya listrik lebih tinggi dan hampir sama dengan penggunaan peralatan listrik lainnya.

Di suhu paling tinggi, setrika mampu menyedot daya sampai 300 watt. Maka dari itulah, atur suhunya yang disesuaikan dengan bahan pakaian yang akan Anda setrika saja. Dengan begitu daya yang digunakan tidak terpakai sia-sia.

Membuka Tutup Kulkas
Tidak hanya memakai setrika di suhu tinggi saja yang membuat biaya listrik semakin mahal, tapi kebiasaan membuka tutup kulkas. Anda yang sering melakukannya ada baiknya hindari mulai dari sekarang.

Perlu Anda ketahui, Anda yang sudah membuka kulkasnya selama 30 detik, suhu normalnya akan dikembalikan setelah 30 menit kemudian. Saat proses pengembalian suhu tersebut, kulkas akan menyedot lebih banyak daya. Anda yang terus menerus melakukannya, sudah jelas tagihan Anda akan meningkat.

Keempat kebiasaan sederhana yang sering dilakukan di atas menjadi hal sepele yang perlu Anda hindari agar tagihan listrik tidak semakin membengkak. Ubahlah kebiasaan Anda dengan lebih menghemat listrik, seperti tidak menyalakan lampu saat tidak dipakai, menggunakan AC seperlunya saja, dan sebagainya. Selain hemat pengeluaran, Anda juga sekaligus ikut melestarikan bumi.