Nggak Perlu Malu, Bawa Tumbler Sendiri Ternyata Banyak Manfaatnya, Lho!

Membeli minuman siap saji memang memudahkan kita karena tidak ribet dan bisa dibeli di mana saja. Hanya saja, ketika membeli minuman, botol yang digunakan sebagai wadah adalah botol plastik yang sekali pakai langsung buang. Beberapa mungkin memanfaatkan botol-botol bekas tersebut, tapi sebagian besar lebih memilih membuangnya karena dianggap sebagai sampah. Padahal, sampah plastik sulit sekali terurai dan tidak bisa dihancurkan begitu saja. Maka untuk mencegah penggunaan plastik berlebih, ada baiknya kamu membawa tumbler sendiri sebagai wadah minum. Meskipun kelihatannya ribet, tapi manfaatnya besar, lho.

Manfaat Membawa Tumbler Sendiri

1. Lebih hemat

Alasan paling utama membawa tumbler sendiri ke mana-mana adalah karena lebih hemat. Hal  ini karena tumbler bisa dipakai berkali-kali dan bahkan bisa bertahan tahunan. Bayangkan jika kamu membeli minuman kemasan setiap hari, meskipun harganya lebih murah tapi jika dikalkulasi akan sangat merugikanmu. Apalagi jika sudah bawa tumbler biasanya keinginan untuk membeli minuman yang tidak sehat akan lebih ditekan. Dengan begitu akan memaksamu untuk menghabiskan isi dalam tumbler dan tidak tergoda minuman kemasan. Selain lebih hemat, juga jadi lebih sehat.

2. Mengurangi jumlah sampah plastik

Masalah utama bumi hari ini adalah banyaknya sampah plastik yang bertebaran. Bukan hanya sampah plastik dari kemasan makanan, tapi juga dari kemasan minuman. Apalagi, minuman dengan wadah botol plastik biasanya sulit dihancurkan dan terurai, jika dibiarkan tentu akan membuat sampah ada di mana-mana dan mencemari lingkungan. Namun, jika membawa tumbler, kamu jadi ikut mengurangi konsumsi minuman dalam botol plastik.

3. Minuman dalam tumbler jenis tertentu awet hangat

Jenis tumbler dan bahannya ada bermacam-macam, tapi ada jenis tumbler yang bisa menyimpan panas dengan baik. Misalnya untuk menyimpan kopi panas, teh panas, dan juga susu panas. Itu artinya, kamu bisa membawa kopi sendiri dari rumah untuk diminum di tempat kerja maupun tempat belajar. Bahkan, beberapa café menyediakan potongan harga bagi mereka yang membawa tumbler sendiri dari rumah untuk direfill dengan menu café mereka.

4. Jaga-jaga ketika sedang kehausan

Alasan utama seseorang membawa tumbler adalah sebagai pencegahan kehausan. Di tempat tertentu, belum tentu kamu bisa dengan mudah mendapatkan penjual minuman, padahal kamu sedang sangat haus. Namun, jika membawa tumbler sendiri masalah seperti itu bisa ditangani dengan mudah. Kamu dapat mengambil minum dari tumbler-mu, dan mengisinya kembali ketika sudah menemukan penjual minuman.

Sebagian orang mungkin masih menganggap membawa tumbler sendiri seperti anak sekolah yang membawa botol minuman kemana-mana. Padahal, dengan membawa tumbler kita dapat menjaga sumber daya alam dan ikut melestarikan lingkungan. Terlebih, minuman yang dimasukkan ke dalam tumbler pribadimu juga lebih sehat daripada minuman yang diwadahi plastik dan sejenisnya. Selalu ingat, perubahan gaya hidup sekecil apa pun akan berdampak besar untuk masa depan.