Gaya Hidup

Gaya Hidup yang Perlu Diubah agar Kondisi Finansial Membaik

Sebagian orang dewasa masih merasa sulit untuk mengatur keuangan dengan tepat. Sebanyak apapun gaji yang diterima tiap bulan, tetap tidak cukup untuk memenuhi berbagai macam keperluan. Tentu saja hal itu bukanlah hal yang baik. Kamu perlu meninjau ulang kebiasaan yang kamu miliki ketika mengeluarkan uang. Semakin cepat mengetahui apa yang perlu diperbaiki, tentu saja semakin baik pula untuk kondisi finansial. Di bawah ini, akan dijelaskan beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar situasi keuangan bisa lebih baik.

Atur rencana
Salah satu hal mendasar yang perlu kamu pikirkan adalah apakah kamu memiliki rencana finansial yang baik. Tentukan tujuan alokasi keuangan. Kamu bisa membaginya ke dalam alokasi jangka pendek dan jangka panjang. Selain itu, kamu juga bisa membuat alokasi yang disesuaikan dengan jumlah gaji yang kamu terima tiap bulannya. Sebagai contoh, kamu bisa membagi gaji dalam porsi 75% untuk kebutuhan mendasar dan 25% untuk inventasi atau tabungan. Dengan rutin melaksanakan ini dan kamu bisa konsisten, kamu bisa memiliki tabungan yang cukup. Dengan memiliki tabungan, kondisi keuangan menjadi lebih terjamin, bukan?

Gaya hidup
Gaya hidup menjadi permasalahan nomor satu yang biasanya sering terjadi di kalangan anak muda. Keinginan untuk terus up to date dengan tren fashion, gadget dan lain-lain membuat gaya hidup seseorang biasanya tidak sesuai dengan jumlah pemasukan yang datang tiap bulan. Untuk mencapai kemerdekaan finansial, seseorang perlu mengatur gaya hidupnya dengan benar. Jangan sampai mengorbankan keuangan pribadi agar bisa mengikuti gaya hidup yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan.

Atur prioritas
Sebagai seseorang yang ingin mempunyai keuangan yang stabil, penting bagi kamu untuk mengatur skala prioritas. Sebelum membeli barang atau menggunakan jasa, tanyakan kepada diri sendiri apakah hal-hal tersebut memang kamu butuhkan. Sebagai tips sebelum membeli suatu barang, berikan jeda atau selang waktu bagi dirimu sendiri untuk berpikir. Dengan memiliki jeda, kamu menjadi memiliki waktu untuk memikirkan apakah barang yang akan kamu beli memang kabu butuhkan atau ternyata barang tersebut hanya kamu inginkan. Selain itu, jangan mudah tergoda dengan diskon, cashback dan berbagai macam promosi yang serign ada akhir-akhir ini. Bila tidak dikelola dengan baik, diskon dan cashback tersebut justru bisa menjadi boomerang yang membuat kondisi finansial menjadi lebih buruk.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan. Jika kebiasaanmu mengatur uang sudah lebih baik, kamu bisa mengembangkannya dengan melakukan investasi. Sisihkan beberapa uangmu tiap bulannya untuk memiliki investasi. Investasi bisa dalam berbagai macam bentu. Mulai dari reksadana, investasi saham, investasi emas dan lain sebagainya. Akan tetapi, pastikan kamu mengetahui hal mendasar dari investasi agar tidak terlalu banyak menanggung kerugian.