Kesehatan

Cara Mengatasi Kulit Kering dengan Minyak Kelapa

Namanya juga manusia, pengennya yang sempurna tapi bisa didapetin dengan cara yang instan. Padahal hal-hal instan itu belom tentu baik untuk kesehatan, termasuk dalam hal kecantikan. Banyak kasus ‘kecelakaan’ terjadi akibat salah menggunakan produk kecantikan, menjalani operasi plastik di tempat yang kurang berkualitas, atau hanya melakukan sulam alis aja bisa mendatangkan mara bahaya.

Untuk itu, marilah beralih ke perawatan dengan bahan alami yang sering kita temui sehari-hari, yaps, sayuran, buah-buahan, dapat menjadi penutrisi baik wajah maupun tubuh, terlebih lagi, sangat aman dipakai, kan? Mengatasi kulit kering merupakan hal yang harus kita semua tau, karena kulit kita bakalan sering mengalaminya karena tempat tinggal kita di iklim tropis. Nah, cara yang aman menggunakan bahan alami.

Mengatasi Kulit Kering dengan Minyak Kelapa

Bahan alami yang bakal mimin bahas kali ini adalah minyak kelapa alias virgin coconut oil, ingat ya, pilih minyak kelapa murni, karena nggak adanya penambahan bahan lain di dalam minyaknya justru akan meningkatkan khasiat dari minyak tersebut. Minyak ini juga baik untuk kesehatan, karena selain dibuat dari tumbuhan, kandungan lemak dan kolesterolnya juga rendah.

Mengatasi kulit kering dengan minyak kelapa bisa dilakukan setiap saat, yang penting teratur, karena kunci keberhasilan dari metode perawatan alami adalah disiplin dan sabar, karena hasil yang didapat nggak bisa instan. Tapi, efek baiknya bisa jangka panjang dan nggak akan merugikan tubuh sama sekali. Cara penggunaan untuk mengurangi kulit kering juga gampang banget, nggak perlu repot-repot dan banyak peralatan kecantikannya.

1.Cara menggunakan minyak kelapa untuk mengurangi kulit kering pada wajah

Wajah kering sering banget menimpa banyak orang. Apalagi dengan cuaca yang nggak menentu, bukan perkara yang bisa diatasi secepatnya. Mengatasi kulit kering, terutama di bagian muka dengan minyak kelapa, bisa dengan cara mengoleskannya di kulit wajah secara merata, ya hampir sama kayak bikin masker wajah sendiri, hingga meresap sempurna.

Kamu nggak perlu menunggu sampai kering, karena yang namanya minyak nggak akan bisa kering dalam waktu singkat. Biarkan aja sampai paling nggak, udah nggak terlalu licin ketika dipegang.

2.Cara menggunakan minyak kelapa untuk kulit tubuh

Kekeringan pada kulit nggak hanya menimpa wajah aja, kulit tubuh juga bisa kekeringan. Tandanya kalo kamu garuk, kulitmu menghasilkan garis putih agak bersisik gitu. Mengatasi kulit kering terutama di bagian tubuh dengan minyak ini, gampang banget deh, tinggal oleskan minyak pada kulit tubuh yang kamu mau, dan biarkan sampai meresap sama kayak perlakuan pada wajahmu.

Yak, itulah cara agar kulit nggak kering dengan minyak kelapa. Kendati caranya mudah, kamu harus rajin melakukan treatment ini agar kulitmu tetap lembab.

Tips Simple Menjaga Keindahan Rambut Dengan Cara Jitu

Rambut yang selalu sehat, bebas dari masalah dan indah pastilah menjadi impian setipa perempuan. Tentunya buat menjaga agar rambut bisa tetap indah kita berpikir harus menggunakan perawatan yang mahal dan ribet, kalo udah masalah ribet pasti jadi nggak punya waktu karena masih banyak pekerjaan yang harus diselesaikan, akhirnya malah nggak bisa ngerawatnya.

Nah, karena itu, kali ini mimin ingin menjelaskan langkah-langkah kecil yang bisa membuat rambut kita tetap sehat dan indah tanpa harus melakukan perawatan rambut yang memakan waktu dan biaya banyak. Menjaga keindahan rambut ternyata nggak harus dengan pergi ke salon dan melakukan perawatan yang ribet girls, cukup dengan beberapa tips simpel di bawah ini untuk menjaga agar rambutmu tetap indah.

Menjaga Keindahan Rambut dengan Cara Yang Simpel Berikut Ini

Berawal dari menjaga keindahan rambut lalu ke kesehatan diri sendiri, karena pada dasarnya untuk mendapatkan rambut yang indah, kita harus memenuhi nutrisi tubuh kita agar metabolismenya bisa berjalan dengan baik, sehingga khasiatnya bisa sampai ke rambut, dan di bawah ini, mimin kasih beberapa tips kecil dan tentu aja simpel untuk menjaga keindahan rambut, cek this out!

1. Keramas Secara Teratur
Hal ini penting untuk menjaga keindahan rambut girls, karena rambut yang indah pertama harus bersih, bahkan yang suka rambut gimbal pun tetep keramas, kan? Nah, makanya, kamu harus rajin dan rutin mecuci rambutmu, biar kelembapannya tetap terjaga, sehingga makin indah. Dan kalo nggak pengen rambutmu patah, ketika mengeringkan rambut dengan handuk hindari menggosok terlalu berlebihan, agar rambut nggak patah girls.

2.Gunakan Conditioner Sebagai Penambah Nutrisi Rambut
Conditioner bisa digunakan untuk mempercantik sekaligus menambah nutrisi serta kelembapan rambut, tapi inget, buat pemilik rambut berminyak dan berketombe jangan terlalu sering menggunakan conditioner, menjaga keindahan rambut bisa dengan menghindari conditioner, karena bisa bikin kulit kepala lembab dan mendatangkan masalah baru seperti ketombe dan rambut yang over ngembang, malah nggak bagus. Gunakan pada pemilik rambut yang normal dan kering aja.

3.Cukupi Nutrisi Rambut dengan Makan Makanan Bergizi
Yak makan makanan bergizi penting untuk menjaga metabolisme tubuh bekerja dengan baik, termasuk ke akar rambut. Melalui nutrisi yang masuk ke dalam tubuh, rambut mendapatkan ‘makanannya’, jadi kalo tubuhmu kekurangan nutrisi, rambutmu bisa menerima akibatnya dengan datangnya masalah rambut kering, bercabang, warnanya memerah, kusut maupun kasar girls. Menjaga keindahan rambut yang kena masalah ini bisa dengan masker rambut alami.

4.Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh, Minum Air Yang Cukup
Selain nutrisi, kamu harus memenuhi kebutuhan cairan tubuhmu setiap harinya. Kekurangan air akan menyebabkan tubuh dehidrasi yang bikin rambut jadi ikutan kusut dan kering, sungguh jauh dari kata indah, bukan?

Trend Gaya Hidup Sehat yang Perlu Kamu Terapkan Tiap Hari

Gaya hidup yang semakin banyak saja macamnya ini membuat kehidupan masyarakat semakin beragam, terutama di daerah perkotaan. Di tengah-tengah kesibukan, belum lagi ditambah dengan polusi yang semakin mencemar, mengharuskan masyarakatnya menerapkan hidup sehat agar tetap sehat. Nah, semakin berkembangnya zaman, sekarang ini sudah banyak trend gaya hidup sehat yang nggak salahnya kamu terapkan setiap hari.

Gaya hidup sehat itu sebenarnya gampang saja dilakukan, tapi semakin populer berkat bantuan sosial media. Para influencer sosmed menyebarkan trend sehat tersebut agar masyarakat tetap sehat meski sedang sibuk. Tapi, meski ada banyak macamnya, kamu jangan asal ikut-ikut saja.

Makannya, coba kamu lihat dulu beberapa gaya hidup sehat ini agar kamu bisa menyesuaikannya dengan kemampuan dan waktu kamu.

Olahraga Lari

Olahraga adalah kebiasaan yang sehat dan memang perlu dilakukan secara teratur. Tanpa melakukan olahraga, tubuh kamu akan gampang lesu dan gampang sakit. Makannya, sekarang ini banyak berbagai organisasi, yayasan, perusahaan yang mengajak masyarakatnya untuk mengikuti ajang olahraga lari masal.

Nah, buat menarik banyak peminat, olahraga lari dibuat semakin menarik yaitu dengan menggunakan bubuk-bubuk warna agar menjadi color marathon. Karena semakin banyak peminatnya, kamu bisa gampang banget mengikuti ajang lari itu yang setiap tahunnya pasti ada saja yang menyelenggarakannya.

Yoga

Trend gaya hidup sehat yang sekarang ini semakin populer yaitu yoga. Olahraga yang bisa dilakukan di luar ruangan atau dalam ruangan ini juga populer berkat media sosial. Dari berbagai gerakan yoga yang dilakukan, banyak yang posting pese yoga sehingga mengajak orang lain buat mengikutinya.

Tapi, selain populer karena gerakannya yang menarik perhatian followers media sosial, yoga juga memberikan manfaat yang menyehatkan, bukan hanya tubuh saja tapi juga pikiran dan jiwa kamu. Kamu yang sedang stress, melakukan yoga bisa menurunkannya dengan efektif loh.

Membuat Infused Water

Kamu pasti nggak asing lagi dengan infused water kan? Minuman air putih yang ditambahkan dengan berbagai macam buah-buahan ini memang menjadi trend gaya hidup sehat yang memberikan efek segar ketika diminum. Sari-sari buah yang dimasukan akan memberikan rasa yang berbeda pada air putihnya. Nggak hanya itu, sari buahnya juga memberikan vitamin dan gizi yang baik buat tubuh.

Kamu yang belum pernah dan mau mencobanya, coba saja kamu masukan beberapa buah segar, seperti strawberry, lemon, timun, kiwi, atau jeruk ke dalam botol yang sudah diberikan air putih. Biarkan saja dulu selama kurang lebih 2 jam, lalu kamu minum airnya. Kamu bisa kok membiarkannya dingin dulu di dalam kulkas agar bisa semakin segar lagi airnya.

Nah, dari beberapa trend gaya hidup sehat di atas, mana nih yang cocok kamu lakukan? Trend yang sangat populer di Indonesia, terutama di daerah perkotaan tersebut memang memberikan manfaat yang menyehatkan tubuh, tapi kamu juga perlu melakukannya dengan teratur dan seimbang. Lakukan sesuai dengan dirimu sendiri, bukan hanya asal ikut-ikut saja agar manfaatnya bisa kamu rasakan dengan sempurna.

Tips Ampuh agar Tidak Malas Minum Air Putih

Di kondisi cuaca apa pun, terutama saat sedang cuaca yang terik, mengkonsumsi air putih adalah aktivitas yang harus Anda lakukan. Bukan tanpa sebab, minum air putih membantu tubuh agar tidak kekurangan dehidrasi. Perlu Anda ketahui, jika tubuh tidak mendapat dehidrasi yang cukup, berbagai masalah penyakit akan menimpa Anda, seperti batu ginjal dan saluran saluran kemih.

Namun sayangnya, masih terlalu banyak orang yang malas mengkonsumsinya. Salah satu penyebab orang malas mengkonsumsinya adalah karena sudah semakin banyak minuman kemasan yang dianggapnya lebih menyegarkan, seperti minuman beralkohol, minuman soda, atau pun minuman manis lainnya.

Selain itu, sebagian orang juga menganggap kalau mengkonsumsi minuman kemasan seperti sudah menggantikan air putih untuk mendehidrasi tubuh. Padahal sebaliknya. Anda yang terlalu banyak mengkonsumsi air kemasan selain air putih, tubuh Anda tidak akan mendapatkan dehidrasi yang cukup.

Maka dari itulah, Anda yang masih malas minum air putih, berikut beberapa tips ampuhnya supaya Anda semakin rajin mengkonsumsinya.

Meletakan Gelas Air Putih Di sebelah Tempat Tidur

Sebagian besar orang sesaat sebelum tidur pastinya meletakan gadget-nya di dekat kasur agar saat bangun tidur bisa langsung dan mudah meraihnya. Kebiasaan tersebut merupakan salah satu tanda-tanda kecanduan gadget. Karena itulah, daripada Anda membiasakan diri dengan hal yang kurang sehat, lebih baik mulai dari sekarang Anda meletakan gelas air putih di sebelah tempat tidur Anda.

Di awal melakukannya tentu Anda akan merasa kesulitan dan masih tetap malas, tapi jika Anda melakukannya terus menerus setiap hari, akan menjadi kebiasaan bangun tidur Anda yang sehat. Dengan begitu, Anda akan semakin rajin mengkonsumsi air putih.

Pasang Alarm untuk Mengkonsumsi Air Putih

Biasanya alarm dipakai untuk membangunkan tidur Anda agar tidak terlambat kerja atau pun bersekolah. Namun, Anda dapat memanfaatkan untuk menjadikan alarm mengkonsumsi air putih. Anda bisa memasang alarm melalui jam waker mau pun dari ponsel Anda. Jangan lupa atur waktunya setiap 2 jam sekali karena rentang waktu tersebut sangat tepat mengkonsumsi air putih.

Dengan membiasakan memasang alarm tersebut, nantinya Anda akan terbiasa untuk minum air putih. Jika sudah terbiasa pun pastinya Anda juga tidak perlu lagi memakai alarm.

Memakai Botol Minum yang Menarik

Tips lainnya agar Anda semakin rajin mengkonsumsi air putih yaitu menggunakan botol minum yang menarik. Tidak sedikit orang yang merasa malas untuk minum karena botol yang digunakan tidak menarik. Maka dari itulah, Anda dapat menyiasatinya dengan menggunakan botol yang memiliki  desain yang lucu atau sesuai dengan karakter Anda.

Saat ini sudah semakin banyak saja toko-toko yang menjual berbagai macam desain botol minum, baik itu secara online mau pun konvesionalnya. Dengan begitu, Anda akan sangat mudah menemukan desain botol yang sesuai dengan keinginan Anda.

Tambahkan Irisan Buah

Alasan orang malas minum air putih yaitu karena rasanya yang hambar atau tidak memiliki rasa sama sekali. Dengan rasanya yang tawar, tidak heran orang lebih banyak memilih mengkonsumsi minuman kemasan yang manis-manis.

Agar rasanya tidak membosankan, Anda dapat menambahkan irisan buah yang segar. Air putih yang ditambahkan dengan irisan buah dikenal sebagai infused water. Tidak hanya memenuhi kebutuhan dehidrasi Anda saja, irisan buah pada air putih Anda dapat memberikan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Dengan berbagai tips-tips di atas, semakin Anda membiasakannya pastinya Anda semakin rajin minum air putih. Jadikan mengkonsumsi air putih sebagai kebiasaan yang sehat Anda, terutama Anda yang memiliki banyak aktivitas mau pun yang kerjanya menghabiskan waktu duduk di depan komputer.

Hindari Hal-Hal Ini Usai Scaling, Supaya Gigi Tidak Kembali Kotor

Ada banyak hal yang menyebabkan penumpukan plak dan akhirnya menjadi karang gigi. Mulai dari tidak membersihkan gigi dengan benar dan teratur, hingga masalah genetik seperti produksi kelenjar ludah yang berlebihan pada sebagian orang.

Untuk menghilangkan karang tersebut, biasanya orang-orang memilih untuk melakukan scaling, alias membersihkan karang gigi dengan alat-alat tertentu oleh dokter gigi. Hanya saja, terkadang masih banyak yang melakukan kesalahan usai scaling, sehingga gigi yang sudah dibersihkan kembali kotor dengan mudah.

Hal-Hal yang Perlu Dihindari Setelah Scaling Gigi

Apabila ingin gigi hasil scaling-mu awet bersihnya, dan menghindari kerusakan area mulut lainnya, coba perhatikan hal berikut ini setelah karang gigimu dibersihkan.

1. Jangan makan sampai efek bius habis

Ketika melakukan scaling, biasanya pasien akan diberi obat bius sebagai proses anestesi. Hal ini supaya kamu tidak merasakan sakit ketika gigi dibersihkan. Efek dari obat bius biasanya baru hilang usai beberapa jam bahkan setelah proses scaling. Untuk menghindari gusi yang terluka atau tergigit karena belum bisa merasakan kondisi mulut dengan benar, lebih baik kamu tidak makan terlebih dulu. Selain untuk menghindari risiko terluka, biarkan gigi dan mulutmu istirahat terlebih dulu setelah mengalami pembersihan.

2. Hindari makanan panas dan dingin

Biasanya, proses scaling membuat gigi terasa ngilu. Namun, tenang saja karena rasa ngilu ini tidak lama, sekitar sehari sampai gigi mulai terbiasa dengan kondisi yang baru. Kondisi tersebut karena akar gigi yang sebelumnya tertutup karang menjadi terkespos, sehingga sentuhan ringan pada gigi menghasilkan perasaan ngilu yang kuat. Untuk membuat gigi maupun gusi menyesuaikan diri, sebaiknya tidak mengonsumsi makanan panas maupun dingin. Dengan begitu gigi tidak kaget dan tidak tiba-tiba ngilu.

3. Hindari makanan keras

Proses scaling biasanya membuat jarak antar gigi sedikit melonggar akibat karang yang terangkat sedangkan gusi belum sepenuhnya menutupi bagian gigi tersebut. Apabila kamu memakan makanan keras, dikhawatirkan makanan akan terselip di antara jarak gigi dan bahkan melukai gusi yang masih merah. Jika hal itu terjadi, potensi perdarahan pada gusi jadi tinggi dan bahkan bisa menyebabkan bengkak. Setidaknya butuh lima hari sampai seminggu untuk mulai makan-makanan yang keras lagi.

4. Hindari makanan bergula

Makanan bergula bukan hanya membuat gigi berlubang, tapi juga menimbulkan plak baru dan mengundang bakteri. Untuk mencegah terbentuknya plak baru yang terlalu cepat, sebaiknya tidak mengonsumsi makanan dan minuman bergula. Perbanyak minum air putih untuk membuat gigi selalu bersih.

5. Hindari rokok

Yang terakhir, apabila kamu seorang perokok, ada baiknya libur merokok dulu selama beberapa hari setelah melakukan scaling. Rokok dapat meningkatkan risiko gigimu terkena infeksi, sehingga lebih baik berhenti sebentar sampai gigimu benar-benar kembali seperti semula.

Waspadai Penyakit Ini Bagi Pekerja yang Duduk Lama Depan Komputer

Salah satu pekerjaan yang biasanya mengharuskan seseorang untuk duduk selama berjam-jam adalah menjadi karyawan kantor. Tentu saja karyawan kantor ini mencakup berbagai macam pekerjaan, entah itu editor, bagian keuangan, dan lain-lain. Terlebih sekarang karyawan kantor juga diharuskan untuk dapat menggunakan komputer, di mana radiasi layar komputer itu sendiri sering kali menimbulkan gangguan kesehatan. Oleh sebab itu, ada baiknya mulai sekarang kamu lebih memerhatikan kondisi fisikmu, sebab jika kamu abai, penyakit-penyakit berikut ini akan mudah menjangkiti tubuhmu.

Risiko Penyakit Bagi Karyawan Kantor yang Perlu Diwaspadai

1. Penyakit jantung

Para pekerja yang terbiasa duduk lama di depan komputer cenderung jarang untuk menggerakkan tubuhnya. Kebiasaan duduk lama ini rupanya dapat menghambat proses peredaran darah, yang akhirnya menurunkan kemampuan otot-otot untuk membakar lemak secara maksimal. Akibatnya, lemak tubuh yang berlebihan tanpa adanya proses pembakaran yang baik akan menimbulkan sumbatan. Paling seram jika sumbatan tersebut ternyata berada di otot jantung. Hal itu bisa membuatmu mengalami gagal jantung.

2. Obesitas

Obesitas adalah penyakit yang tampaknya cukup sering dialami para pekerja yang terbiasa duduk lama, terutama karyawan kantor. Mungkin hal ini tidak akan terlalu terlihat jika kamu punya kebiasaan untuk rutin berolahraga, tetapi jika kamu tidak terbiasa olahraga, dan pola makanmu buruk, maka pelan-pelan tapi pasti tubuh akan semakin membesar. Kebiasaan duduk ini juga membuat lemak dalam tubuh tidak terbakar maksimal, sehingga menumpuk dan menyebabkan berbagai macam penyakit karena gangguan berat badan.

3. Menurunnya kesehatan mata

Radiasi gawai sangat berbahaya untuk kesehatan mata jika paparannya dilakukan terus-menerus. Mungkin sekali atau dua kali di depan laptop atau komputer tidak masalah, tetapi karena ini pekerjaan yang kamu lakukan sehari-hari, maka kerusakan mata akibat radiasi akan pelan-pelan mulai terasa. Untuk menghindarinya, sebaiknya kamu mengonsumsi makanan dan minuman sehat tiap hari, sehingga ada vitamin untuk matamu. Setiap satu jam sekali, cobalah juga untuk memandang ke kejauhan selama beberapa menit supaya mata tidak hanya melihat layar komputer.

4. Mag dan gangguan pencernaan lain

Para pekerja yang duduk lama dengan pekerjaan menumpuk juga biasanya sering mengabaikan pola makan serta makanan apa saja yang dikonsumsi. Hal tersebut dapat membuat kesehataan pencernaan terganggu, paling umum adalah terkena mag. Namun, bisa saja gangguan pencernaan lain juga dapat menyerang, seperti usus buntu, mag, dan lain sebagainya.

5. Sakit punggung

Sakit punggung adalah gangguan kesehatan paling umum yang sering diderita karyawan kantor atau pekerja yang biasa duduk lama di depan layar komputer. Parahnya, gangguan punggung ini dapat memengaruhi kesehatan bagian tubuh yang lain, seperti menyebabkan sakit kepala, mengubah struktur tubuh, dan bahkan gangguan pernapasan jika sampai membuat tulang lehermu berubah posisi.

Untuk mencegah hal-hal tersebut ada baiknya mulai sekarang kamu lebih peduli dengan pola makan, dan gaya hidup sehari-hari.

3 Jenis Makanan Penambah Energi agar Aktifitas Padat Terlewati

Terkadang hanya dengan melihat jadwal yang begitu padat sudah membuat malas alhasil saat melakukannya pun akan terasa berat. Terlebih lagi jika tubuh tidak dalam kondisi yang prima. Oleh sebab itu, solusi yang efektif untuk menanganinya adalah dengan mengonsumsi makanan penambah energi. Dengan begitu, tubuh Anda tidak mudah lelah dan lemas.

3 Jenis Makanan yang Bagus Menjaga Stamina Tubuh 

1. Kacang dan biji-bijian

Memenuhi asupan energi tidak selalu harus dari makanan berat saja karena camilan bergizi pun dapat melakukan hal yang sama. Bahan camilan yang direkomendasikan adalah terbuat dari kacang dan biji-bijian karena tidak hanya mengenyangkan tetapi juga menghilangkan rasa letih pada tubuh. Camilan sehat seperti inilah yang sebaiknya dikonsumsi untuk keseharian.

Beberapa camilan yang terbuat dari kacang dan biji-bijian antara lain kacang mete, kacang almond, biji bunga matahari, hazelnut, dan kenari. Deretan camilan tersebut kaya akan nutrisi sehingga cocok dikonsumsi apabila sedang istirahat di sela-sela kesibukan Anda.  Sebaiknya konsumsi makanan tersebut secara langsung, dan jangan dibuat sebagai campuran atau topping kue, misalnya.

2. Sayuran dan buah-buahan

Buah dan sayur memang sumber nutrisi yang baik sehingga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi dalam jumlah yang cukup agar stamina tubuh terjaga. Saat mengonsumso sayuran, sebaiknya jangan terlalu banyak menggunakan bumbu dan terlalu lama mengolahnya karena nutrisinya akan berkurang. Cukup mengolahnya dengan direbus sebentar saja dengan ditaburi sedikit garam sebagai perasa.

Begitu pun untuk buah, sebaiknya dikonsumsi secara langsung agar kebaikan nutrisinya terserap secara sempurna. Apabila ingin dijus, sebaiknya gunakan juicer yang hanya menghasilkan sari buahnya saja bukan ampas buahnya. Salah satu buah yang bagus untuk menambah energi bagi tubuh adalah pisang karena kaya akan vitamin, kalium, karbohidrat kompleks, dan serat.

3. Karbohidrat kompleks

Sudah menjadi rahasia umum bahwa karbohidrat merupakan sumber energi yang utama. Namun, demi menjaga stamina tubuh optimal sepanjang hari, jenis karbohidrat yang dipilih adalah karbohidrat kompleks bukan karbohidrat sederhana. Proses pengubahan menjadi energi pada karbohidrat kompleks lebih lambat sehingga Anda akan merasa kenyang dalam waktu lama sehingga tenaga tidak cepat hilang.

Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks antara lain nasi, kentang, ubi, dan roti. Selain menjaga kondisi tubuh tetap bertenaga, makanan tersebut juga bermanfaat untuk mengembalikan tenaga setelah kelelahan beraktifitas. Sebaiknya, konsumsi makanan berkarbohidrat kompleks yang  kaya akan serat seperti gandum dan nasi merah karena memiliki efek yang baik juga untuk pencernaan.

Banyak olahan makanan yang terlihat lezat namun tidak selalu baik bagi stamina tubuh. Terlebih lagi, apabila Anda memiliki banyak kegiatan yang menguras energi. Makanan yang sebaiknya dikonsumsi harus mampu memberikan asupan energi dalam waktu yang lama. Oleh sebab itu, perbanyak mengonsumsi buah, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, dan makanan berkarbohidrat kompleks setiap harinya.