Aturan Dalam Melakukan Aqiqah Bandung dan Ketentuan Lainnya

Negara di Indonesia merupakan salah satu tempat dengan jumlah penduduk beragam muslim terbesar di dunia dengan membawa berbagai budaya. Salah satu aturan paling penting sendiri adalah melakukan syukur bagi umat beragama, paling penting yaitu ketika diberikan momongan. Sebagai wujud rasa bahagia serta bersyukur akan mengadakan sebuah Aqiqah Bandung atau kota sekitarnya untuk hal ini.

Baik anak laki-laki atau perempuan memang disarankan melakukan Aqiqah jika dirasa mampu melakukan penyembelihan daging. Secara simbolis, melakukan pemotongan daging merupakan sebuah cara paling umum sebagai bentuk doa juga untuk anak yang telah lahir. Sebelum melakukannya, pastikan bahwa anda memang mengetahui bagaimana cara dan ketentuan dimana penting sebelum dilaksanakan.

Hal Penting Aqiqah

Hal Penting Saat Melakukan Aqiqah

Secara definisi, dari kata Aqiqah memang sudah mengarah terhadap proses penyembelihan hewan semacam kambing atau domba. Namun pada beberapa kasus, proses melakukan Aqiqah diganti dengan melakukan proses berupa pemotongan rambut pada bayi. Dalam jadwalnya sendiri, melakukan wujud ucapan syukur ini bisa dilakukan pada saat umur bayi sudah tujuh hari atau kelipatannya.

Berikut merupakan beberapa aturan penting sebelum melakukan proses Aqiqah secara umum :

1. Hewan kambing atau domba

Perlu diketahui bahwa sudah disinggung untuk melakukan Aqiqah harus menggunakan salah satu hewan di atas sebagai syarat. Bisa dibilang sebagai langkah dimana sesuai kaidah hadits, dengan begitu memilih kondisi kambing atau domba yang sehat merupakan suatu hal wajib. Pastinya saat menggunakan kambing maupun domba terbaik, daging yang dihasilkan memiliki kualitas terbaik sebagai syarat.

2. Pelaksanaan sesuai umur

Hampir sama seperti jenis hewan, pada bayi sendiri memang sudah disebutkan ketika sudah berumur tujuh, empat belas, serta dua puluh satu hari. Hal semacam ini juga untuk menandakan bahwa bayi memang sudah siap untuk mengikuti proses ketika melakukan Aqiqah . Dengan begitu, para orang tua menjadi lebih mempersiapkan sebelum harus melakukan prosesi untuk bersyukur satu ini.

3. Jumlah hewan

Secara aturan juga tertulis, bahwa bagi anak laki-laki harus menyembelih sebanyak dua ekor kambing dengan kondisi terbaik. Tetapi pada anak perempuan, hanya cukup membutuhkan satu ekor saja untuk melakukan penyembelihan untuk mendapatkan dagingnya. Untuk melihat berupa simbolis, maka bisa dikatakan bahwa jumlah hewan sendiri sebagai pemisah baik anak perempuan maupun laki-laki secara tertulis di agama muslim.

4. Setelah pemotongan hewan

Ketika sudah melakukan seluruh prosesi hingga penyembelihan, maka hal terbaik adalah melakukan proses memasak agar lebih baik sebelum dibagikan. Karena adat ini berbeda dibanding Idul Adha dimana ketika membagikan tidak masalah dalam keadaan mentah. Pastikan juga pemberian daging kambing atau domba untuk para tetangga atau kerabat sesuai aturan yang ada. Dengan begitu, akan jauh lebih baik dan berguna bagi orang disekitar anda.

Aturan semacam di atas, sebenarnya cukup penting untuk dilakukan terutama bagi orang tua baru memiliki anak pertama. Kadang aturan seperti di atas kurang dipahami, dampaknya tentu saja menjadi tidak maksimal untuk melakukan prosesi rasa syukur tersebut. Jangan lupa juga, ketika mengikuti aturan akan jauh lebih tepat untuk memenuhi semua syarat dalam membagi berbagai manfaat sesuai kaidah.

Tentu bila melihat hal mengenai Aqiqah sendiri, bagi sebagian orang akan repot dan butuh bantuan untuk memberikan paket untuk acara tersebut. Oleh karena itu, anda bisa memesan dengan mengunjungi situs dapurAqiqah.net dan mengerti berbagai paket menarik. Terkhusus untuk daerah Bandung dan sekitarnya, biaya ongkos kirim gratis dan mendapatkan pelayanan berpengalaman tentunya.

Tags: