Gaya Hidup Cashless atau Non Tunai Semakin Populer, Kenali Cara Berhematnya

Semakin berkembangnya gaya hidup sekarang ini, kita seperti sudah semakin dimudahkan dengan berbagai cara. Misalkan kamu mau pesan ojek, kamu bisa menggunakan aplikasi ojek online. Sama juga kamu yang mau membayar sesuatu, sekarang sudah disediakan aplikasi pembayaran cashless atau non tunai.

Teknologi yang sudah semakin maju di Indonesia menjadikan masyarakatnya semakin dimanjakan dengan dompet digital. Memang memberikan keefesienan dalam pembayarannya, tapi kalau kamu nggak memakai secara berhati-hati, bisa-bisa kamu boros dan implusif.

Tapi tenang saja kok, kalau kamu memakainya dengan benar, nggak menjadi masalah lagi kamu yang memakai dompet digital. Makannya, coba kamu baca-baca dulu tips-tips menggunakannya ini.

Buat Beberapa Akun Tabungan Buat Memisahkan Pengeluaran

Di saat baru mendapat gaji, nggak jarang gaji menjadi cepat habis karena terpengaruh menggunakannya buat berbelanja, entah itu pakaian, kebutuhan pribadi, dan sebagainya. Buat menyiasatinya, kamu kayaknya wajib memisahkan gajimu ke beberapa akun tabungan.

Biar lebih amannya, lebih baik kamu memakai 3 tabungan yang berbeda, seperti kebutuhan hidup, tabungan investasi, dan refreshing. Dari ketiga tabungan itu, kamu jadi semakin hemat dan terkontrol buat mengeluarkan tabunganmu.

Pakai Dompet Digital Buat Kebutuhan Sekunder

Karena semakin populer penggunaannya, nggak jarang berbagai toko mengeluarkan promo menariknya yang khusus memakai dompet digital. Kamu yang gampang terpengaruh dengan promo yang diberikan, pasti bakal cepat boros dan implusif. Biar tabunganmu nggak cepat habis, lebih baik kamu memakai dompet digital hanya buat kebutuhan sekunder saja.

Kebutuhan-kebutuhan sekunder yang dimaksud seperti membeli cemilan atau nonton biskop saja. Nah, agar lebih hemat lagi, usahakan pilih promo yang memberikan diskon atau cashback agar tabungan kamu masih tetap terkontrol dengan baik.

Gunakan Aplikasi Pengatur Keuangan

Meski kamu sering memakai pembayaran cashless atau non tunai, lebih baik lagi kalau kamu juga memanfaatkan aplikasi pengatur keuangan. Aplikasi tersebut sangat ampuh mengatur keuanganmu agar nggak gampang boros saat memakai tabungan belanjamu.

Dari aplikasi itu, ada fitur khusus buat mencatat semua pengeluaranmu, entah harian, mingguan, atau bulanan. Nanti, kamu bisa gampang melihat total pengeluaran yang sudah kamu buat sebelumnya. Dari catatan pengeluaran itu, ke depannya kamu jadi bisa semakin mengontrol keuanganmu agar nggak lebih boros dari sebelumnya.

Mulai Investasi

Agar tabungan kamu tetap terkontrol dan tetap terisi, lebih baik kamu mulai investasi. Ada banyak jenis investasi yang bisa kamu manfaatkan, mau itu investasi saham, property, dan sebagainya. Pilih yang menurut kamu menguntungkan buatmu dan jangan lupa pilih jenis investasi yang biayanya murah atau sesuai dengan kemampuan keuanganmu.

Dengan gaya hidup yang sering melakukan pembayaran cashless atau non tunai, lebih baik kamu kontrol dengan baik agar nggak cepat boros. Manfaatkan dompet digital atau tabungan dengan benar, sehingga tetap memberikan keuntungan buatmu bukan kerugiannya.