Gimana Sih Cara Mengatur Jadwal Olahraga Biar Nggak Malas?

Olahraga adalah kegiatan yang wajib banget kamu lakukan secara rutin. Nggak hanya mempertahankan berat badan saja, tapi juga bisa sekaligus membuat tubuh tetap sehat dan mencegah risiko berbagai penyakit. Masalahnya, masih banyak orang yang malas berolahraga dengan alasan sibuk dan sebagainya. Padahal kalau kamu tahu cara mengatur jadwal olahraga, setidaknya seminggu sekali atau 2 kali pasti kamu bisa melakukannya.

Malasnya orang buat berolahraga kebanyakan karena punya jadwal yang sibuk sehingga nggak sempat melakukannya. Tapi, meski kamu sibuk seharian penuh, coba deh kamu lakukan cara di bawah ini agar kamu nggak terus-terusan malas olahraga.

Mengunduh Aplikasi Olahraga

Cara pertama yang bisa kamu lakukan agar terhindar dari kemalasan olahraga adalah mengunduh aplikasi khusus olahraga. Aplikasi tersebut banyak kok tersedia di penyedia unduhan aplikasi di smartphone Android mau pun IPhone. Pilih saja aplikasi olahraga yang sudah dilengkapi dengan fitur-fitur pengingat agar kamu nggak malas lagi berolahraga.

Nggak hanya fitur pengingat saja yang kamu butuhkan, tapi fitur informasi olahraga kamu. Jadinya, kamu akan semakin tahu sudah sampai sejauh mana perkembangan olahraga yang kamu lakukan.

Ikut Kelas Olahraga

Buat menambah semangat olahraga kamu, nggak ada salahnya kamu mengikuti kelas olahraga. Ada banyak tempat yang menyediakan kelas-kelas olahraga, sehingga kamu bisa ikut sesuai dengan minat kamu. Misalkan kamu suka dengan gerakan yoga, coba saja mengikuti kelas yoga.

Tapi, sebelum kamu asal mengikutinya, kamu juga harus bisa memilih jadwal yang sesuai dengan waktu sehari-harimu. Nggak perlu mengikutinya setiap hari kalau kamu nggak bisa. Dengan mengikuti waktu yang sudah ditentukan, tentu akan menjadi cara mengatur jadwal olahraga yang efektif kamu lakukan.

Biasakan Jalan Kaki

Tahu nggak sih kalau jalan kaki termasuk olahraga? Meski hanya jalan kaki saja, kamu sudah termasuk sedang berolahraga loh. Makannya, coba kamu biasakan jalan kaki kalau mau berangkat atau pulang kantor mau pun kampus agar tubuh tetap sehat meski sedang sibuk.

Kalau memang jaraknya jauh, nggak usah dipaksakan jalan kaki, ya. Tapi usahakan saja kalau jaraknya masih dekat, nggak perlu naik kendaraan pribadi. Toh kamu juga bisa lebih hemat bensin, kan?

Lakukan Olahraga Berdurasi Pendek

Nggak semua olahraga dilakukan dengan durasi yang panjang. Ada juga kok olahraga dengan membutuhkan waktu yang lebih singkat, sehingga pas banget nih buat kamu yang sibuk kerja tapi tetap berolahraga. Salah satu cara mengatur jadwal olahraga dengan waktu yang singkat yaitu dengan melakukan olahraga HIIT atau High Intensity Interval Training.

Olahraga HIIT termasuk olahraga yang singkat, hanya butuh sekitar 10 sampai 15 menit saja, sehingga kamu bisa melakukannya di kantor atau di rumah. Jumping jack, plank, dan squat adalah olahraga HIIT yang gampang kamu lakukan di mana pun.

Nggak usah lagi mencari alasan nggak mau berolahraga karena sibuk berkegiatan. Masih ada banyak lagi cara mengatur jadwal olahraga yang bikin kamu tetap semangat melakukannya. Biar lebih semangat, coba saja kamu ajak temanmu agar mereka juga tetap sehat.