Makan Pakai Tangan Menjadi Gaya Hidup Masyarakat Indonesia yang Ternyata Bermanfaat

Sendok dan garpu merupakan alat bantu makan yang selalu dipakai agar memudahkan menyantap makannya tidak tumpah-tumpah. Kalau di negara-negara luar wajib menggunakan sendok dan garpu, di Indonesia masyarakatnya tidak lagi memakai keduanya alias makan pakai tangan.

Kebiasaan makan hanya dengan menggunakan tangan saja sudah menjadi kebiasaan yang sangat umum di lakukan oleh masyarakat Indonesia, terutama yang lauknya ditambahkan dengan sambal. Budaya makan dengan tangan ini sebenarnya sudah dilakukan dari sejak zaman dulu, tidak heran sampai sekarang masih banyak yang melakukannya.

Tapi ternyata, masih banyak yang belum tahu kalau makan pakai tangan juga memberikan berbagai macam manfaat untuk kita. Kalau tidak percaya, berikut beberapa manfaatnya.

Dapat Menyalurkan Unsur Sensorik sehingga Makan akan Terasa Lebih Enak

Percaya tidak sih kalau makan dengan menggunakan tangan, makanan Anda akan terasa lebih enak? Tidak banyak yang menyadari kalau dengan menggunakan tangan, rasa, aroma, serta tekstur makanannnya akan menjadi lebih terasa dibandingkan Anda menggunakan sendok dan garpu.

Hal tersebut bisa saja terjadi karena jari-jari tangan lebih aktif, sehingga unsur sensoriknya akan semakin meningkat. Tidak heran saat makan dengan tangan, orang terasa lebih nikmat dan lahap.

Makan Lebih Pelan dan Mengurangi Resiko Diabetes

Tanpa kita sadari juga, proses makan dengan menggunakan garpu dan sendok membuat kita cenderung lebih cepat. Jika Anda membiasakannya, tentu akan membuat gula darah dalam tubuh semakin tidak seimbang dan meningkatkan resiko diabetes, terutama tipe 2.

Berbeda dengan makan pakai tangan. Orang yang makan dengan tangan, proses makannya akan lebih lambat, sehingga gula darahnya akan tetap seimbang. Dengan begitu, resiko diabetes pun akan semakin tercegah.

Akan Terasa Lebih Kenyang

Selain mengurangi diabetes, makan dengan tangan juga akan membuat Anda terlalu lebih kenyang dibandingkan menggunakan sendok dan garpu. Sudah ada penelitian yang menyebutkan kalau makan dengan tangan akan lebih mudah meningkatkan rasa kenyang. Kenapa bisa begitu?

Saat Anda makan memakai sendok dan garpu, fokus makan Anda akan terbagi, yaitu memotong makanannya dan mengambil makanannya dengan alat bantu makan tersebut. Berbeda jika hanya memakai tangan, Anda hanya tinggal menggigit saja lauknya tanpa harus memotongnya.

Mencegah Lidah Terbakar

Makan pakai tangan ternyata juga memberikan manfaat mencegah lidah terbakar. Saat makanan baru saja dihidangkan, tentu makanannya masih dalam keadaan panas. Anda yang menggunakan sendok, akan sulit mengetahui bagian mana yang sudah cukup dingin untuk dimakan.

Lain halnya kalau Anda menggunakan tangan. Tentu akan semakin mudah mengetahui bagian makanan mana yang masih panas dan sudah cukup dingin karena tangan Anda akan mengeluarkan sensor suhu yang lebih peka. Dengan begitu, lidah Anda akan tercegah dari suhu panas yang dapat membakar permukaan lidah.

Beberapa manfaat makan pakai tangan di atas pernahkah Anda sudah mendengarnya? Dari manfaat tersebut, jangan anggap lagi makan dengan tangan jorok. Intinya, Anda membersihkan tangan dengan bersih agar makanannya pun higenis.