Hal Wajib yang Harus Dilakukan Agar Anak Tidak Kecanduan Handphone

Handphone sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari bagi setiap orang. Namun penggunaannya yang berlebihan akan menimbulkan efek buruk, terutama bagi anak-anak. Beberapa bahaya yang dapat dimunculkan seperti kurang tidur, resiko mengalami gangguan penglihatan, tumbuh kembang yang lambat, dan perkembangan otak terganggu. Lalu, bagaimana caranya agar anak tidak kecanduan handphone? Ikuti cara berikut.

Tips untuk Menghindarkan Anak dari Handphone 

1. Membuat permainan yang sesuai perkembangan anak

Anak-anak memiliki masa perkembangan yang sudah dikategorikan berdasarkan umurnya. Agar tidak dibiasakan memegang handphone sejak dini, sebaiknya para orang tua membelikan permainan lain atau bahkan membuatnya sendiri. Sebagai contoh, anak yang berumur 2 hingga 6 tahun sudah mulai berkembang kemampuan kognitif dan motoriknya. Permainan yang cocok seperti puzzle, ular tangga, dan lego.

Pada usia tersebut, imajinasi anak juga sudah mulai berkembamg sehingga buatlah mereka untuk menggambar sesuatu atau ajaklah mereka bermain peran sebagai dokter, misalnya. Apabila anak sudah memasuki masa sekolah, kenalkan dengan permainan yang lebih kompleks dan mampu meningkatkan kreativitas mereka. Permainan tersebut seperti scrabble, monopoli, dan teka teki silang sederhana.

2. Mendongengkan cerita

Mendongengkan cerita merupakan rutinitas yang perlu dilakukan agar anak tidak kecanduan handphone. Banyak manfaat yang bisa didapat dari membacakan dongeng kepada anak seperti memperkuat ikatan antara orang tua dan anak, menambah kosa kata anak, merangsang daya pikir, meningkatkan minat membaca, membantu perkembangan emosional serta sosial, meningkatkan daya imajinasi, dan meningkatkan perkembangan kognitif.

Mulailah membiasakan berdongeng untuk anak semenjak usia 3 tahunan agar menstimulasi perkembangan otak dan kemampuan pendengaran. Dongen menjadi sebuah stimulasi yang efektif bagi anak yang cenderung masih berpikir abstrak. Para orang tua dapat mengajarkan banyak hal melalui dongeng sekaligus mengajak mereka berinteraksi. Dengan begitu, handphone bukanlah hal menarik bagi mereka lagi.

3. Mengajak anak beraktifitas di luar 

Anak-anak yang kecanduan handphone mungkin disebabkan oleh orang tua yang kurang memberikan waktu untuk mereka. Solusi yang tepat untuk itu adalah dengan meluangkan waktu sebisa mungkin untuk mengajak anak-anak bermain bersama. Sesekali ajaklah mereka keluar rumah untuk jalan-jalan, bersepeda, outbound ringan, berenang, berkebun sederhana di belakang rumah, atau mengunjungi kebun binatang.

Mengajak anak beraktifitas di luar akan membuat mereka lebih aktif, kreatif, dan bahagia. Dengan begitu perhatian anak akan teralihkan dari handphone karena para orang tua menawarkan kegiatan yang lebih menyenangkan. Sesekali, ajaklah juga anak berkemah saat akhir pekan agar menumbuhkan kecintaan kepada alam dan melatih interaksi dengan orang-orang baru.

Penggunaan handphone yang berlebihan oleh anak terutama yang masih berusia dini karena akan mengganggu kesehatan fisik dan mental. Oleh sebab itu, sebagai orang tua harus bijak dalam menentukan kapan anak boleh menggunakan handphone. Jika belum waktunya, maka ajak dan dampingi mereka melakukan kegiatan lain yang menunjang tumbuh kembangnya secara optimal.