Tips Mengelola Penghasilan Saat Masih Lajang Agar Tidak Terbuang Sia-Sia

Masih muda dan sudah memiliki penghasilan cukup besar memang terkesan membanggakan. Namun, jika kurang pandai dalam pengelolaannya maka hanya akan digunakan untuk hura-hura saja mengingat ada dorongan kuat untuk melakukan hal tersebut apalagi masih lajang. Agar tidak terbuang sia-sia, terdapat beberapa tips untuk mengelola penghasilan ketika masih muda dan lajang.

Tiga Tips Mengelola Penghasilan Saat Masih Muda

1. Simpan di rekening yang berbeda

Mempunyai gaji cukup besar ketika masih lajang haruslah pandai-pandai mengaturnya agar tidak cepat habis sehingga tidak ada yang ditabung. Salah satu caranya adalah dengan menyimpannya di rekening yang berbeda. Cara ini memang terdengar merepotkan karena harus membuka rekening di bank yang berbeda. Namun, tujuan utamanya adalah memudahkan dalam pembagian uang sesuai kebutuhan.

Sebagai contoh, uang yang disimpan di rekening A merupakan simpanan untuk keperluan sehari-hari. Uang yang disimpan di rekening B digunakan untuk keperluan mendadak yang tidak terduga, sedangkan uang di rekening C merupakan tabungan membeli rumah, misalnya. Dengan begitu, pengelolaan akan lebih terarah dan menjamin keadaan finansial Anda di tahun-tahun mendatang.

2. Jangan mudah tergiur cicilan

Hal sepele namun sangat penting untuk dihindari adalah kebiasaan mengambil barang kreditan. Kedengarannya memang ringan apalagi Anda memiliki penghasilan yang tetap, namun cicilan tersebut justru akan menjadi masalah nantinya apabila keuangan Anda tiba-tiba memburuk. Apalagi jika barang yang diambil cukup banyak karena merasa menggampangkan di awal dan merasa sanggup melunasi.

Namun, bukan berarti tidak boleh sama sekali mengambil barang kreditan. Satu atau dua barang boleh saja, asalkan Anda menganalisa terlebih dahulu beberapa hal seperti: 1) apakah barang tersebut memang dibutuhkan: 2) berapa lama jangka waktu cicilannya?; 3) berapa banyak besaran cicilannya?; dan 4) apakah lebih murah jika membeli secara lunas?.

3. Pikirkan untuk memulai investasi 

Solusi lain yang patut dipertimbangkan adalah menginvestasikan uang Anda. Sebagai permulaan, sebaiknya jangan dulu berinvestasi dalam jumlah besar karena walaupun menguntungkan namun resikonya tinggi juga, bagaikan dua sisi koin. Beberapa jenis investasi yang dapat dicoba antara lain saham, reksa dana, dan emas. Investasi pada reksa dana dapat diawali dengan nominal yang sedikit.

Begitu pun juga dengan investasi saham yang dapat diawali hanya dengan puluhan ribu saja. Walaupun keuntungan yang didapat belum besar namun cocok bagi kaum muda berpenghasilan yang masih pemula. Selanjutnya, investasi emas dapat dijadikan pilihan terakhir mengingat harganya cukup mahal. Namun, keuntungan jangka panjang akan membuat keuntungannya akan terus bertambah.

Memiliki penghasilan mencukupi sewaktu masih muda dan lajang memberikan peluang yang besar untuk melakukan banyak hal. Jiwa muda yang masih bergejolak dan menginginkan kesenangan akan mengambil alih sehingga Anda perlu mengontrolnya dengan menerapkan tiga tips tersebut. belajar menabung dan berhemat akan memudahkan hidup Anda ke depannya mengingat banyak kebutuhan yang tidak terduga.