3 Jenis Makanan Penambah Energi agar Aktifitas Padat Terlewati

Terkadang hanya dengan melihat jadwal yang begitu padat sudah membuat malas alhasil saat melakukannya pun akan terasa berat. Terlebih lagi jika tubuh tidak dalam kondisi yang prima. Oleh sebab itu, solusi yang efektif untuk menanganinya adalah dengan mengonsumsi makanan penambah energi. Dengan begitu, tubuh Anda tidak mudah lelah dan lemas.

3 Jenis Makanan yang Bagus Menjaga Stamina Tubuh 

1. Kacang dan biji-bijian

Memenuhi asupan energi tidak selalu harus dari makanan berat saja karena camilan bergizi pun dapat melakukan hal yang sama. Bahan camilan yang direkomendasikan adalah terbuat dari kacang dan biji-bijian karena tidak hanya mengenyangkan tetapi juga menghilangkan rasa letih pada tubuh. Camilan sehat seperti inilah yang sebaiknya dikonsumsi untuk keseharian.

Beberapa camilan yang terbuat dari kacang dan biji-bijian antara lain kacang mete, kacang almond, biji bunga matahari, hazelnut, dan kenari. Deretan camilan tersebut kaya akan nutrisi sehingga cocok dikonsumsi apabila sedang istirahat di sela-sela kesibukan Anda.  Sebaiknya konsumsi makanan tersebut secara langsung, dan jangan dibuat sebagai campuran atau topping kue, misalnya.

2. Sayuran dan buah-buahan

Buah dan sayur memang sumber nutrisi yang baik sehingga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi dalam jumlah yang cukup agar stamina tubuh terjaga. Saat mengonsumso sayuran, sebaiknya jangan terlalu banyak menggunakan bumbu dan terlalu lama mengolahnya karena nutrisinya akan berkurang. Cukup mengolahnya dengan direbus sebentar saja dengan ditaburi sedikit garam sebagai perasa.

Begitu pun untuk buah, sebaiknya dikonsumsi secara langsung agar kebaikan nutrisinya terserap secara sempurna. Apabila ingin dijus, sebaiknya gunakan juicer yang hanya menghasilkan sari buahnya saja bukan ampas buahnya. Salah satu buah yang bagus untuk menambah energi bagi tubuh adalah pisang karena kaya akan vitamin, kalium, karbohidrat kompleks, dan serat.

3. Karbohidrat kompleks

Sudah menjadi rahasia umum bahwa karbohidrat merupakan sumber energi yang utama. Namun, demi menjaga stamina tubuh optimal sepanjang hari, jenis karbohidrat yang dipilih adalah karbohidrat kompleks bukan karbohidrat sederhana. Proses pengubahan menjadi energi pada karbohidrat kompleks lebih lambat sehingga Anda akan merasa kenyang dalam waktu lama sehingga tenaga tidak cepat hilang.

Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks antara lain nasi, kentang, ubi, dan roti. Selain menjaga kondisi tubuh tetap bertenaga, makanan tersebut juga bermanfaat untuk mengembalikan tenaga setelah kelelahan beraktifitas. Sebaiknya, konsumsi makanan berkarbohidrat kompleks yang  kaya akan serat seperti gandum dan nasi merah karena memiliki efek yang baik juga untuk pencernaan.

Banyak olahan makanan yang terlihat lezat namun tidak selalu baik bagi stamina tubuh. Terlebih lagi, apabila Anda memiliki banyak kegiatan yang menguras energi. Makanan yang sebaiknya dikonsumsi harus mampu memberikan asupan energi dalam waktu yang lama. Oleh sebab itu, perbanyak mengonsumsi buah, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, dan makanan berkarbohidrat kompleks setiap harinya.