Makan Pakai Tangan Menjadi Gaya Hidup Masyarakat Indonesia yang Ternyata Bermanfaat

Sendok dan garpu merupakan alat bantu makan yang selalu dipakai agar memudahkan menyantap makannya tidak tumpah-tumpah. Kalau di negara-negara luar wajib menggunakan sendok dan garpu, di Indonesia masyarakatnya tidak lagi memakai keduanya alias makan pakai tangan.

Kebiasaan makan hanya dengan menggunakan tangan saja sudah menjadi kebiasaan yang sangat umum di lakukan oleh masyarakat Indonesia, terutama yang lauknya ditambahkan dengan sambal. Budaya makan dengan tangan ini sebenarnya sudah dilakukan dari sejak zaman dulu, tidak heran sampai sekarang masih banyak yang melakukannya.

Tapi ternyata, masih banyak yang belum tahu kalau makan pakai tangan juga memberikan berbagai macam manfaat untuk kita. Kalau tidak percaya, berikut beberapa manfaatnya.

Dapat Menyalurkan Unsur Sensorik sehingga Makan akan Terasa Lebih Enak

Percaya tidak sih kalau makan dengan menggunakan tangan, makanan Anda akan terasa lebih enak? Tidak banyak yang menyadari kalau dengan menggunakan tangan, rasa, aroma, serta tekstur makanannnya akan menjadi lebih terasa dibandingkan Anda menggunakan sendok dan garpu.

Hal tersebut bisa saja terjadi karena jari-jari tangan lebih aktif, sehingga unsur sensoriknya akan semakin meningkat. Tidak heran saat makan dengan tangan, orang terasa lebih nikmat dan lahap.

Makan Lebih Pelan dan Mengurangi Resiko Diabetes

Tanpa kita sadari juga, proses makan dengan menggunakan garpu dan sendok membuat kita cenderung lebih cepat. Jika Anda membiasakannya, tentu akan membuat gula darah dalam tubuh semakin tidak seimbang dan meningkatkan resiko diabetes, terutama tipe 2.

Berbeda dengan makan pakai tangan. Orang yang makan dengan tangan, proses makannya akan lebih lambat, sehingga gula darahnya akan tetap seimbang. Dengan begitu, resiko diabetes pun akan semakin tercegah.

Akan Terasa Lebih Kenyang

Selain mengurangi diabetes, makan dengan tangan juga akan membuat Anda terlalu lebih kenyang dibandingkan menggunakan sendok dan garpu. Sudah ada penelitian yang menyebutkan kalau makan dengan tangan akan lebih mudah meningkatkan rasa kenyang. Kenapa bisa begitu?

Saat Anda makan memakai sendok dan garpu, fokus makan Anda akan terbagi, yaitu memotong makanannya dan mengambil makanannya dengan alat bantu makan tersebut. Berbeda jika hanya memakai tangan, Anda hanya tinggal menggigit saja lauknya tanpa harus memotongnya.

Mencegah Lidah Terbakar

Makan pakai tangan ternyata juga memberikan manfaat mencegah lidah terbakar. Saat makanan baru saja dihidangkan, tentu makanannya masih dalam keadaan panas. Anda yang menggunakan sendok, akan sulit mengetahui bagian mana yang sudah cukup dingin untuk dimakan.

Lain halnya kalau Anda menggunakan tangan. Tentu akan semakin mudah mengetahui bagian makanan mana yang masih panas dan sudah cukup dingin karena tangan Anda akan mengeluarkan sensor suhu yang lebih peka. Dengan begitu, lidah Anda akan tercegah dari suhu panas yang dapat membakar permukaan lidah.

Beberapa manfaat makan pakai tangan di atas pernahkah Anda sudah mendengarnya? Dari manfaat tersebut, jangan anggap lagi makan dengan tangan jorok. Intinya, Anda membersihkan tangan dengan bersih agar makanannya pun higenis.

Gimana Sih Cara Mengatur Jadwal Olahraga Biar Nggak Malas?

Olahraga adalah kegiatan yang wajib banget kamu lakukan secara rutin. Nggak hanya mempertahankan berat badan saja, tapi juga bisa sekaligus membuat tubuh tetap sehat dan mencegah risiko berbagai penyakit. Masalahnya, masih banyak orang yang malas berolahraga dengan alasan sibuk dan sebagainya. Padahal kalau kamu tahu cara mengatur jadwal olahraga, setidaknya seminggu sekali atau 2 kali pasti kamu bisa melakukannya.

Malasnya orang buat berolahraga kebanyakan karena punya jadwal yang sibuk sehingga nggak sempat melakukannya. Tapi, meski kamu sibuk seharian penuh, coba deh kamu lakukan cara di bawah ini agar kamu nggak terus-terusan malas olahraga.

Mengunduh Aplikasi Olahraga

Cara pertama yang bisa kamu lakukan agar terhindar dari kemalasan olahraga adalah mengunduh aplikasi khusus olahraga. Aplikasi tersebut banyak kok tersedia di penyedia unduhan aplikasi di smartphone Android mau pun IPhone. Pilih saja aplikasi olahraga yang sudah dilengkapi dengan fitur-fitur pengingat agar kamu nggak malas lagi berolahraga.

Nggak hanya fitur pengingat saja yang kamu butuhkan, tapi fitur informasi olahraga kamu. Jadinya, kamu akan semakin tahu sudah sampai sejauh mana perkembangan olahraga yang kamu lakukan.

Ikut Kelas Olahraga

Buat menambah semangat olahraga kamu, nggak ada salahnya kamu mengikuti kelas olahraga. Ada banyak tempat yang menyediakan kelas-kelas olahraga, sehingga kamu bisa ikut sesuai dengan minat kamu. Misalkan kamu suka dengan gerakan yoga, coba saja mengikuti kelas yoga.

Tapi, sebelum kamu asal mengikutinya, kamu juga harus bisa memilih jadwal yang sesuai dengan waktu sehari-harimu. Nggak perlu mengikutinya setiap hari kalau kamu nggak bisa. Dengan mengikuti waktu yang sudah ditentukan, tentu akan menjadi cara mengatur jadwal olahraga yang efektif kamu lakukan.

Biasakan Jalan Kaki

Tahu nggak sih kalau jalan kaki termasuk olahraga? Meski hanya jalan kaki saja, kamu sudah termasuk sedang berolahraga loh. Makannya, coba kamu biasakan jalan kaki kalau mau berangkat atau pulang kantor mau pun kampus agar tubuh tetap sehat meski sedang sibuk.

Kalau memang jaraknya jauh, nggak usah dipaksakan jalan kaki, ya. Tapi usahakan saja kalau jaraknya masih dekat, nggak perlu naik kendaraan pribadi. Toh kamu juga bisa lebih hemat bensin, kan?

Lakukan Olahraga Berdurasi Pendek

Nggak semua olahraga dilakukan dengan durasi yang panjang. Ada juga kok olahraga dengan membutuhkan waktu yang lebih singkat, sehingga pas banget nih buat kamu yang sibuk kerja tapi tetap berolahraga. Salah satu cara mengatur jadwal olahraga dengan waktu yang singkat yaitu dengan melakukan olahraga HIIT atau High Intensity Interval Training.

Olahraga HIIT termasuk olahraga yang singkat, hanya butuh sekitar 10 sampai 15 menit saja, sehingga kamu bisa melakukannya di kantor atau di rumah. Jumping jack, plank, dan squat adalah olahraga HIIT yang gampang kamu lakukan di mana pun.

Nggak usah lagi mencari alasan nggak mau berolahraga karena sibuk berkegiatan. Masih ada banyak lagi cara mengatur jadwal olahraga yang bikin kamu tetap semangat melakukannya. Biar lebih semangat, coba saja kamu ajak temanmu agar mereka juga tetap sehat.

Generasi Millennial, Begini Tips Menabung yang Anti Gagal!

Menabung merupakan hal yang susah-susah gampang untuk dilakukan, terlebih bagi generasi millennial yang cenderung memiliki kebutuhan segudang namun tak sebanding dengan penghasilan. Bagi anda yang merasa sulit untuk menabung dan selalu berakhir dengan kegagalan karena uang tabungan lagi-lagi terpakai untuk membeli kebutuhan-kebutuhan anda, simak tips menabung berikut ini!

Manfaatkan Aplikasi Tabungan

Saat ini jaman sudah semakin canggih, anda bahkan bisa memanfaatkan ponsel pintar untuk mengatur keuangan anda, dan saat ini sudah banyak aplikasi menabung yang bisa anda unduh di smartphone anda.

Aplikasi menabung tersebut sangat bermanfaat untuk memantau keuangan anda, berapa nominal uang masuk dan keluar, semua bisa anda rinci sehingga anda bisa dengan mudah mengatur keuangan agar jangan sampai “khilaf” yang akan berakibat pada pengeluaran anda yang membengkak.

Tetapkan Tujuan Menabung

Semua yang anda lakukan pasti mempunyai tujuan tertentu, termasuk menabung. Entah itu menabung untuk berlibur, memuaskan hobi, menyenangkan orang tua, atau tujuan-tujuan lainnya. Tak masalah, selama hal tersebut dapat membuat anda lebih bersemangat dalam menabung. Untuk itu penting menetapkan apa tujuan anda menabung agar anda selalu bersemangat dalam menabung.

Segera Simpan Uang untuk Tabungan Setelah Gajian

Biasakan untuk segera menyimpan uang setelah anda mendapat uang gajian, jangan utamakan membeli kebutuhan anda baru anda meyisihkan uang tabungan. Karena jika anda menjajakan uang anda terlebih dahulu, sudah pasti segala sesuatu akan anda beli dan bukan tak mungkin uang yang seharusnya anda tabung malah ikut tercomot.

Untuk itu, segera simpan uang tabungan dan jangan ambil uang tabungan anda sampai uang tersebut benar-benar terkumpul dan dapat memenuhi tujuan dari menabung anda.

Hindari Membeli yang Tak Penting

Membeli sesuatu hanya berdasarkan keinginan dan bukan merupakan kebutuhan anda tentu merupakan kebiasaan yang harus perlahan-lahan anda hilangkan, karena akan berdampak pada pemborosan.

Anda bisa membuat wishlist kebutuhan yang akan anda beli bulan depan. Sebisa mungkin jika barang yang akan anda beli tersebut tidak tertera dalam wishlist anda, lebih baik urungkan niat untuk membelinya karena hanya akan berdampak pada pemborosan.

Manfaat Menabung yang Wajib Anda Ketahui

Dengan menabung, anda akan belajar untuk hidup hemat dan tidak boros. Selain itu, menabung juga dapat bermanfaat untuk anda agar lebih bersabar jika ingin mencapai suatu tujuan. Menabung juga dapat membuat anda pandai dalam mengatur keuangan dan lebih terarah karena anda memiliki tujuan yang harus anda capai.

Jika ada hal yang sangat mendesak dan anda sedang berada dalam kondisi keuangan yang buruk, anda tak perlu khawatir karena anda masih punya uang tabungan dan dapat anda gunakan jika keadaan benar-benar mendesak.

Tak sulit kan menerapkan tips menabung diatas? Jika anda sudah berniat untuk menabung, tips diatas sangat mudah untuk dilakukan. Karena dengan menabung ternyata dapat mendatangkan berbagai manfaat bagi kita.

Gaya Hidup Cashless atau Non Tunai Semakin Populer, Kenali Cara Berhematnya

Semakin berkembangnya gaya hidup sekarang ini, kita seperti sudah semakin dimudahkan dengan berbagai cara. Misalkan kamu mau pesan ojek, kamu bisa menggunakan aplikasi ojek online. Sama juga kamu yang mau membayar sesuatu, sekarang sudah disediakan aplikasi pembayaran cashless atau non tunai.

Teknologi yang sudah semakin maju di Indonesia menjadikan masyarakatnya semakin dimanjakan dengan dompet digital. Memang memberikan keefesienan dalam pembayarannya, tapi kalau kamu nggak memakai secara berhati-hati, bisa-bisa kamu boros dan implusif.

Tapi tenang saja kok, kalau kamu memakainya dengan benar, nggak menjadi masalah lagi kamu yang memakai dompet digital. Makannya, coba kamu baca-baca dulu tips-tips menggunakannya ini.

Buat Beberapa Akun Tabungan Buat Memisahkan Pengeluaran

Di saat baru mendapat gaji, nggak jarang gaji menjadi cepat habis karena terpengaruh menggunakannya buat berbelanja, entah itu pakaian, kebutuhan pribadi, dan sebagainya. Buat menyiasatinya, kamu kayaknya wajib memisahkan gajimu ke beberapa akun tabungan.

Biar lebih amannya, lebih baik kamu memakai 3 tabungan yang berbeda, seperti kebutuhan hidup, tabungan investasi, dan refreshing. Dari ketiga tabungan itu, kamu jadi semakin hemat dan terkontrol buat mengeluarkan tabunganmu.

Pakai Dompet Digital Buat Kebutuhan Sekunder

Karena semakin populer penggunaannya, nggak jarang berbagai toko mengeluarkan promo menariknya yang khusus memakai dompet digital. Kamu yang gampang terpengaruh dengan promo yang diberikan, pasti bakal cepat boros dan implusif. Biar tabunganmu nggak cepat habis, lebih baik kamu memakai dompet digital hanya buat kebutuhan sekunder saja.

Kebutuhan-kebutuhan sekunder yang dimaksud seperti membeli cemilan atau nonton biskop saja. Nah, agar lebih hemat lagi, usahakan pilih promo yang memberikan diskon atau cashback agar tabungan kamu masih tetap terkontrol dengan baik.

Gunakan Aplikasi Pengatur Keuangan

Meski kamu sering memakai pembayaran cashless atau non tunai, lebih baik lagi kalau kamu juga memanfaatkan aplikasi pengatur keuangan. Aplikasi tersebut sangat ampuh mengatur keuanganmu agar nggak gampang boros saat memakai tabungan belanjamu.

Dari aplikasi itu, ada fitur khusus buat mencatat semua pengeluaranmu, entah harian, mingguan, atau bulanan. Nanti, kamu bisa gampang melihat total pengeluaran yang sudah kamu buat sebelumnya. Dari catatan pengeluaran itu, ke depannya kamu jadi bisa semakin mengontrol keuanganmu agar nggak lebih boros dari sebelumnya.

Mulai Investasi

Agar tabungan kamu tetap terkontrol dan tetap terisi, lebih baik kamu mulai investasi. Ada banyak jenis investasi yang bisa kamu manfaatkan, mau itu investasi saham, property, dan sebagainya. Pilih yang menurut kamu menguntungkan buatmu dan jangan lupa pilih jenis investasi yang biayanya murah atau sesuai dengan kemampuan keuanganmu.

Dengan gaya hidup yang sering melakukan pembayaran cashless atau non tunai, lebih baik kamu kontrol dengan baik agar nggak cepat boros. Manfaatkan dompet digital atau tabungan dengan benar, sehingga tetap memberikan keuntungan buatmu bukan kerugiannya.

Nggak Perlu Malu, Bawa Tumbler Sendiri Ternyata Banyak Manfaatnya, Lho!

Membeli minuman siap saji memang memudahkan kita karena tidak ribet dan bisa dibeli di mana saja. Hanya saja, ketika membeli minuman, botol yang digunakan sebagai wadah adalah botol plastik yang sekali pakai langsung buang. Beberapa mungkin memanfaatkan botol-botol bekas tersebut, tapi sebagian besar lebih memilih membuangnya karena dianggap sebagai sampah. Padahal, sampah plastik sulit sekali terurai dan tidak bisa dihancurkan begitu saja. Maka untuk mencegah penggunaan plastik berlebih, ada baiknya kamu membawa tumbler sendiri sebagai wadah minum. Meskipun kelihatannya ribet, tapi manfaatnya besar, lho.

Manfaat Membawa Tumbler Sendiri

1. Lebih hemat

Alasan paling utama membawa tumbler sendiri ke mana-mana adalah karena lebih hemat. Hal  ini karena tumbler bisa dipakai berkali-kali dan bahkan bisa bertahan tahunan. Bayangkan jika kamu membeli minuman kemasan setiap hari, meskipun harganya lebih murah tapi jika dikalkulasi akan sangat merugikanmu. Apalagi jika sudah bawa tumbler biasanya keinginan untuk membeli minuman yang tidak sehat akan lebih ditekan. Dengan begitu akan memaksamu untuk menghabiskan isi dalam tumbler dan tidak tergoda minuman kemasan. Selain lebih hemat, juga jadi lebih sehat.

2. Mengurangi jumlah sampah plastik

Masalah utama bumi hari ini adalah banyaknya sampah plastik yang bertebaran. Bukan hanya sampah plastik dari kemasan makanan, tapi juga dari kemasan minuman. Apalagi, minuman dengan wadah botol plastik biasanya sulit dihancurkan dan terurai, jika dibiarkan tentu akan membuat sampah ada di mana-mana dan mencemari lingkungan. Namun, jika membawa tumbler, kamu jadi ikut mengurangi konsumsi minuman dalam botol plastik.

3. Minuman dalam tumbler jenis tertentu awet hangat

Jenis tumbler dan bahannya ada bermacam-macam, tapi ada jenis tumbler yang bisa menyimpan panas dengan baik. Misalnya untuk menyimpan kopi panas, teh panas, dan juga susu panas. Itu artinya, kamu bisa membawa kopi sendiri dari rumah untuk diminum di tempat kerja maupun tempat belajar. Bahkan, beberapa café menyediakan potongan harga bagi mereka yang membawa tumbler sendiri dari rumah untuk direfill dengan menu café mereka.

4. Jaga-jaga ketika sedang kehausan

Alasan utama seseorang membawa tumbler adalah sebagai pencegahan kehausan. Di tempat tertentu, belum tentu kamu bisa dengan mudah mendapatkan penjual minuman, padahal kamu sedang sangat haus. Namun, jika membawa tumbler sendiri masalah seperti itu bisa ditangani dengan mudah. Kamu dapat mengambil minum dari tumbler-mu, dan mengisinya kembali ketika sudah menemukan penjual minuman.

Sebagian orang mungkin masih menganggap membawa tumbler sendiri seperti anak sekolah yang membawa botol minuman kemana-mana. Padahal, dengan membawa tumbler kita dapat menjaga sumber daya alam dan ikut melestarikan lingkungan. Terlebih, minuman yang dimasukkan ke dalam tumbler pribadimu juga lebih sehat daripada minuman yang diwadahi plastik dan sejenisnya. Selalu ingat, perubahan gaya hidup sekecil apa pun akan berdampak besar untuk masa depan.

Musim Hujan, Lakukan Olahraga Indoor Ini Supaya Tubuh Tetap Sehat

Meskipun hanya memiliki dua musim, tetapi masing-masing musim di Indonesia biasanya datang dengan sangat intens. Ketika musim kemarau, suhu akan sangat panas, sedangkan ketika musim hujan, hampir tiap hari akan turun hujan. Ketika musim hujan tiba, terkadang aktifitas sehari-hari sedikit terganggu, termasuk untuk berolahraga. Apabila ketika musim hujan kamu jadi kehilangan waktu olahraga di luar rumah, kamu tetap bisa melatih tubuh di dalam rumah. Ada beberapa olahraga yang sangat cocok untuk dilakukan di ruang tertutup. Contohnya seperti olahraga indoor berikut ini.

Macam-Macam Olaharga di Dalam Ruangan

1. Spot Jogging

Apabila jogging pada umumnya dilakukan di luar rumah sembari berkeliling menghirup udara segar, kamu sebenarnya bisa tetap jogging di dalam rumah. Caranya yakni dengan melakukan spot jogging alias jogging di tempat. Kamu bisa melakukan olahraga ini kapan pun kamu mau. Bisa sebelum mandi, sebelum berangkat ke kantor, ketika sore hari, pagi hari, kapan pun kamu ingin berolahraga. Terlebih, spot jogging ternyata bagus untuk membakar lemak yang ada di perut dan paha, dengan begitu kamu bisa terhindar dari kegemukan jika rutin melakukan olahraga ini.

2. Yoga

Ketika hujan deras dan kamu tidak bisa keluar rumah, kamu bisa mencoba untuk melakukan yoga. Olahraga yang satu ini dikenal bisa melenturkan tubuh sekaligus membuat jiwa dan pikiran tenang. Apalagi jika yoga ditemani suara hujan, kemungkinan pikiranmu akan lebih damai. Selain itu, yoga juga punya banyak fungsi kesehatan, mulai dari melancarkan peredaran darah, menurunkan berat badan, menghilangkan pegal-pegal, menguatkan otot tubuh, dan lain sebagainya. Namun, kamu harus tahu gerakan yoga seperti apa yang dibutuhkan tubuhmu supaya bisa kamu rasakan hasilnya.

3. Plank

Plank juga merupakan olahraga yang kelihatannya mudah dilakukan tapi efektif untuk membakar lemak tubuh. Kamu hanya tinggal memosisikan tubuh seperti akan push up tetapi tidak menaik-turunkan tubuh, melainkan menahan tubuh menggunakan dua tangan. Bagi yang tidak terbiasa mungkin beberapa detik saja akan sudah terasa lelah, tapi jika dilakukan teratur, kamu akan terbiasa dan otot perut, punggu, serta lenganmu akan lebih kencang.

4. Skipping

Supaya olahraga di dalam rumah lebih menyenangkan, kamu juga bisa menggunakan tali untuk melakukan skipping. Meskipun olahraga ini sederhana, tapi sebenarnya sangat melelahkan dan bisa membakar banyak lemak tubuh. Selain itu, pernapasanmu juga jagi lebih baik, dan koordinasi otot tubuhmu meningkat. Dengan melakukan skipping, kamu jadi lebih tahan untuk berlari lama atau mengerjakan pekerjaan berat tanpa mudah lelah.

5. Aerobik

Paling gampang dan menyenangkan, kamu bisa memutar senam aerobik di laptop dan mengikuti setiap gerakannya dengan gembira. Musik aerobik yang menyenangkan, akan membuatmu lupa sedang berolahraga.

Sebenarnya tidak ada alasan untuk tidak berolahraga. Dengan gerakan-gerakan sederhana tapi jika rutin dilakukan akan sangat memengaruhi kesehatanmu. Jadi, meskipun hari hujan, tetap olahraga, ya.

Hentikan Kebiasaan Ini Supaya Tagihan Listrik Tidak Membengkak

Listrik menjadi energi penunjang kehidupan yang perannya sangat penting di masa kini. Bayangkan saja, mulai dari gawai, peralatan memasak, peralatan bebersih, hampir semua menggunakan listrik. Semakin banyak alat elektronik di rumah, semakin tinggi daya listrik yang terpakai, semakin besar pula tagihan yang harus dibayar tiap bulannya.

Supaya tagihan listrik tidak membengkak dan membuat pengeluaran bulananmu ikut-ikutan bertambah, sebenarnya ada beberapa kebiasaan yang mulai sekarang kamu hentikan. Meskipun sepele, tetapi berdampak besar untuk kehidupanmu sehari-hari.

Kebiasaan Kecil yang Harus Dihentikan untuk Mencegah Tagihan Listrik Naik

1. Menggunakan lampu pijar non-LED

Lampu adalah benda yang selalu ada di setiap rumah. Meskipun tidak memiliki barang elektronik apa pun, biasanya lampu selalu ada karena fungsinya sebagai penerangan pada malam hari. Hanya saja, tidak semua orang mengerti bahwa jenis lampu yang berbeda akan membutuhkan energi listrik dalam jumlah yang berbeda pula. Contohnya seperti lampu LED dan non-LED. Lampu LED lebih hemat 80 persen daripada yang non-LED. Dengan penghematan sebesar itu, kamu pun bisa menekan angka pengeluaran bulanan. Apalagi jika lampu di rumahmu tidak hanya satu-dua biji.

2. Membiarkan colokan tertancap ketika tidak dipakai

Charger ponsel dan laptop biasanya adalah yang paling sering dibiarkan tertancap di colokan listrik. Mungkin kamu merasa bahwa charger tersebut tidak menyedot listrik sama sekali karena tidak ada benda yang dialirkan, padahal tidak seperti itu. Meskipun ditinggal tanpa ponsel atau laptop yang menancap, charger yang berada di stop kontak akan tetap menyerap listrik meskipun sedikit. Bayangkan jika ada lima charger yang kamu perlakukan seperti ini di rumah, parahnya kamu bahkan tidak pernah melepasnya berhari-hari. Sudah pasti tagihan listrik akan membengkak tanpa kamu sadari.

3. Membuka kulkas terlalu sering

Peralatan elektronik yang dapat menciptakan dingin biasanya memerlukan energy listrik tinggi, termasuk kulkas. Sementara itu, jika kamu membuka kulkas sekitar 30 detik saja, mesin harus bekerja maksimal selama 30 menit supaya suhu kulkas kembali normal. Kamu bisa bayangkan sendiri jika sehari kamu membuka-tutup kulkas sebanyak 100 kali, kira-kira berapa watt yang dibutuhkan dalam sehari.

4. Menyalakan setrika terlalu panas

Salah satu penyedot energy listrik tinggi yang ada di rumah ada setrika. Peralatan elektronik satu ini membutuhkan energi sampai 300 watt untuk menghasilkan panas sehingga bisa untuk menghaluskan kain. Untuk meminimalisir besarnya energy tersebut, kamu dapat mengatur supaya suhu setrika sedang-sedang saja. Terlebih, setrika dengan suhu tinggi juga kadang malah merusak pakaian.

Ada banyak kebiasaan kecil di rumah yang sering tidak kita sadari membuat tagihan listrik naik secara drastis. Menghemat listrik sebaik-baiknya akan mengurangi biaya bulanan kamu, dan tentu saja akan membantu menjaga kelestarian lingkungan. Jika ada hal yang bisa dilakukan tanpa listrik, dicoba saja dulu untuk dilakukan.