Sedang Musim Hujan? Olahraga Indoor Ini Tetap Efektif Membuat Tubuh Sehat

Saat musim hujan tiba, tentu banyak kegiatan di luar rumah yang tidak dapat dilakukan secara efektif, salah satunya adalah olahraga. Banyak kegiatan olahraga di luar ruangan yang memang seru dilakukan dan membuat tubuh sehat. Tapi, jika hujan yang tidak menentu datang terus menerus, Anda masih dapat melakukan olahraga indoor yang tidak kalah menariknya untuk dilakukan.

Anda masih bingung olahraga apa yang paling tepat dilakukan di dalam ruangan? Berikut beberapa rekomendasi olahraga dalam ruangan yang dapat Anda lakukan.

Spot Jogging atau Lari Di tempat

Jogging merupakan olahraga yang sangat simple dilakukan. Jika cuaca sedang cerah, Anda dapat melakukannya di sekitar perumahan atau track jogging jika memang ada. Tapi di saat hujan, tentu Anda tidak dapat melakukannya, bukan? Tenang saja, karena Anda bisa tetap melakukannya meskipun hanya di dalam ruangan saja, yaitu dengan spot jogging.

Spot jogging atau lari di tempat merupakan olahraga indoor yang sangat mudah sekali dilakukan. Tanpa perlu atribut olahraga apa pun, Anda bisa melakukannya kapan saja. Olahraga ini bisa tetap efektif membakar lemak dan menjaga metabolisme tubuh tetap lancar.

Skipping atau Lompat Tali

Olahraga dalam ruangan yang dapat Anda lakukan selanjutnya adalah skipping atau lompat tali. Olahraga ini sangat populer di kalangan anak-anak muda, karena mudah dilakukan dan hanya membutuhkan tali saja. Meskipun sederhana, Anda akan mendapatkan manfaatnya yang tidak kalah sehatnya dengan olahraga lainnya.

Gerakan lompat tali ampuh meningkatkan saluran pernapasan, fleksibilitas, serta menjaga otot tubuh tetap berkoordinasi dengan baik. Tidak hanya itu, skipping juga dapat mempengaruhi tinggi badan sekaligus berat badan. Jika Anda sedang diet atau ingin menambah tinggi badan, lompat tali bisa menjadi olahraga yang tepat dilakukan.

Latihan Plank

Saat ini semakin banyak saja olahraga yang dapat dilakukan di luar ruangan sekaligus dalam ruangan, salah satunya adalah latihan plank. Latihan yang dilakukan dengan cara yang sederhana ini termasuk olahraga indoor yang mirip dengan latihan push up. Namun, yang membedakannya adalah posisi tahan dilakukan secara telentang dan ditahan posisinya.

Kalau Anda belum terbiasa, untuk melakukannya akan cukup sulit. Tapi jika Anda selalu melatihnya, tentu akan semakin terbiasa dan akan semakin mudah melakukannya. Gerakan satu ini akan membuat otot perut, punggung, mau pun lengan akan semakin kencang.

Yoga dan Pilates

Siapa sih yang tidak kenal dengan olahraga yoga dan pilates? Kedua olahraga tersebut sering kali dilakukan tidak hanya di luar ruangan saja, melainkan juga di dalam ruangan. Namun, keduanya memiliki manfaat yang cukup berbeda meskipun sama-sama menyehatkan tubuh.

Yoga akan memfokuskan Anda agar semakin bersatu dengan jiwa, tubuh, dan pikiran. Dengan begitu, tubuh dan pikiran akan semakin lebih rileks. Sedangkan pilates lebih fokus pada fleksibilitas tubuh dan kekuatan inti.

Selain olahraga indoor di atas, masih ada banyak lagi olahraga dalam ruangan yang dapat dilakukan. Namun, usahakan Anda mencarinya yang tepat. Jangan sembarangan memilih karena olahraga yang tidak tepat akan membuat tubuh menjadi sakit. Jangan lupa juga cukupi kebutuhan dehidrasi Anda agar tubuh pun juga tetap sehat.